Selasa, 06 April 2010

never give up , bebz ...

Kalau saat ini anda merasa karir anda belum maksimal atau anda merasa anda belum berhasil, Jangan Menyerah. Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk dapat meningkatkan karir anda dan agar anda berhasil dalam karir anda.

Mungkin anda sudah sering membaca kisah-kisah orang sukses, bagaimana mereka mencapai kesuksesan mereka. Semua yang mereka lakukan adalah usaha yang luar biasa keras. Apakah mereka tidak pernah gagal ? Tentu Pernah ! Tetapi mereka tidak menyerah, mereka mencoba dengan cara lain, mereka mencoba lebih keras lagi, mereka mencoba lebih sering lagi, sampai akhirnya mereka berhasil.

Nah inilah 8 hal yang harus anda lakukan agar berhasil dalam karir.

1. Tekunlah
Lakukan tugas yang diberikan oleh bos anda sampai selesai, suka atau tidak suka dengan tugas yang diberikan tersebut. Hasilkan kualitas terbaik yang dapat anda lakukan. Tekun bekerja juga harus dilakukan setiap saat, bukan hanya pada saat ada orang yang mengawasi atau hanya pada saat-saat mendekati penilaian kinerja saja. Orang yang tekun bekerja adalah orang yang tidak mudah patah semangat ketika menghadapi pekerjaan yang membosankan ataupun sulit sekalipun. Mereka akan mengerjakan semua tugas dengan penuh semangat, dan bos akan dengan mudah melihat kualitas orang ini.

2. Bertanggung Jawab
Setiap anda diberi tugas oleh bos, berarti anda juga sudah mau menerima tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas tersebut. Oleh karena itu, lakukanlah dengan sebaik-baiknya dan apabila ada hal yang salah, bertanggung jawablah dan tidak menyalahkan orang lain. Orang yang mau bertanggung jawab atas kesalahannya adalah orang yang dewasa dan professional, perusahaan sangat menghargai orang yang memiliki kedewasaan dan professionalisme seperti ini.

3. Tepat Waktu
Tidak ada seorangpun yang suka disuruh menunggu, karena itu menunjukkan bahwa anda tidak professional. Setiap pagi, datanglah 15 ? 30 menit sebelum jam kantor dimulai, hadiri rapat sebelum rapat dimulai serta serahkan tugas sebelum deadline. Perusahaan melihat orang yang bisa tepat waktu sebagai orang yang memiliki ?time management? yang baik, sehingga apabila menduduki posisi yang lebih tinggipun, akan mampu menunjukan professionalismenya dan dapat mewakili perusahaan ketika harus berurusan dengan pihak lain diluar perusahaan.

4. Belajar dan belajar lagi
Tidak ada yang tetap didunia ini selain perubahan. Oleh karena itu, anda tidak boleh berhenti belajar, baik itu pengetahuan, ketrampilan maupun sikap anda. Perusahaan memiliki begitu banyak karyawan dengan berbagai kelebihan dan kekurangan, kelebihan dari masing2 karyawan akan mampu disatukan oleh perusahaan sehingga menjadi suatu sinergi yang baik bagi kemajuan perusahaan. Tetapi untuk menutupi kekurangan karyawan yang berbeda satu dengan lainnya tidak bisa dengan memberikan pelatihan secara umum kepada semua karyawan. Jadi kalau anda ingin lebih maju dibandingkan dengan karyawan lainnya, pastikan anda belajar lebih banyak dan jangan hanya menunggu pelatihan dari perusahaan. Perluaslah wawasan, tingkatkan ketrampilan, bacalah lebih banyak buku, hadirilah lebih banyak pelatihan dan seminar.

5. Loyal kepada Perusahaan
Loyalitas karyawan kepada perusahaan sering menjadi salah satu kriteria bagi perusahaan untuk memilih karyawan yang akan dipromosi. Loyalitas bukan saja ditunjukkan dengan lamanya seseorang bekerja disebuah perusahaan, tetapi juga termasuk sikapnya dalam membela perusahaan dalam setiap kesempatan, termasuk tidak pernah berkata buruk mengenai perusahaan kepada orang lain apalagi kepada perusahaan lain yang sejenis ataupun pesaing bisnis.

6. Jadilah bagian dari Solusi
Apabila anda menghadapi suatu masalah, jangan langsung datang menghadap bos, coba pikirkan beberapa alternatif solusinya terlebih dahulu. Pikirkan apa yang kira-kira bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut, dan apa dampaknya apabila dilaksanakan. Setelah memiliki beberapa alternatif solusi, baru anda datang menghadap bos. Jelaskan permasalahannya secara lengkap, dan sampaikan juga alternatif solusi yang sudah dipikirkan sebelumnya.

7. Bersedia menerima tugas tambahan
Seseorang yang tidak perhitungan kerja dan mau menerima tugas dan tanggung jawab tambahan adalah orang yang diperlukan perusahaan. Seringkali perusahaan melakukan penilaian kemampuan karyawan melalui pemberian tugas-tugas baru yang lebih sulit serta diluar ruang lingkup kerja karyawan sehari-hari. Karyawan yang mengerjakan pekerjaan atau tugas diluar ruang lingkup pekerjaannya juga akan mampu memperluas wawasan, pengetahuan dan ketrampilannya, sehingga memudahkan dirinya ketika menempati posisi yang lebih tinggi nantinya.

8. Mampu Memimpin
Mencari orang yang mampu menghapalkan fitur dari produk yang dijualnya sangat mudah dan sangat banyak tersedia dipasaran, tetapi tidak mudah untuk mencari orang yang memiliki kemampuan memimpin. Memberikan posisi managerial kepada orang yang tidak bisa memimpin akan membahayakan perusahaan. Jadi, apabila anda memiliki kemampuan memimpin, kesempatan untuk menempati posisi managerial akan terbuka lebar.

ehmmm .... Apakah anda sudah memiliki semua kriteria diatas ?
Kalau belum, ayo cepat pelajari dan praktekkan, Jangan Menyerah sebelum Sukses !!!
MySpace
" Menang bukanlah segalanya, tetapi ingin menang adalah segalanya"

3 komentar:

  1. ijinkan mengamankan pertamax. mantap tipsnya.

    BalasHapus
  2. nah... bagus banget tuh lin..., bisa jadi patokan untuk menjadi seorang karyawan biar bisa jadi pemimpin... :) seeppp....

    BalasHapus