Sabtu, 20 Maret 2010

sarapan ... ^penting gak penting ?? ^

Sarapan mungkin terdengar sepele, namun sangat vital bagi tubuh kita, apalagi jika kita dituntut untuk bekerja total seharian. Seringkali kita mengabaikan sarapan dengan alasan kurangnya waktu, atau bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja. Padahal, sarapan bukan sekedar pengganjal perut, tapi juga memberikan energi agar kita bisa beraktivitas dengan baik, otak bekerja lebih optimal, dan tidak cepat mengantuk.

Namanya juga sarapan, kita tak harus mengkonsumsi makanan menu lengkap dengan porsi segunung. Jumlah makanan yang kita konsumsi kurang lebih sepertiga dari makanan sehari. Ini berarti makanan yang dikonsumsi sewaktu sarapan bukan hanya mengenyangkan, tetapi juga bergizi lengkap dan seimbang.

Meskipun minim dalam kuantitas tapi kualitas tetap harus diperhatikan. Sarapan yang benar harus mengandung zat tenaga, protein atau zat pembangun, vitamin dan mineral sebagai zat pengatur yang banyak kita peroleh dari sayur dan buah-buahan.

Sarapan juga memberikan pengaruh besar bagi otak. Kita sangat2 tahu bahwa otak adalah salah satu daris ekian anugrah tertinggi yang diberikan Allah kepada manusia. Letak kecerdasan manusia juga berada di dalam organ ini, untuk itu pemberian makanan yang baik dan teratur akan berpengaruh dengan fungsi dan kerja otak.

Lebih-lebih di pagi hari, setelah semalaman manusia istirahat. Pagi hari adalah waktu terbaik untuk menyediakan makanan bagi otak kita, salah satunya melalui sarapan yang teratur dan bergizi.

Seorang ilmuwan mengatakan sarapan pagi merupakan makanan khusus untuk otak, hal ini didukung dari sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa sarapan berhubungan erat dengan kecerdasan mental, dalam artian, sarapan memberikan nilai positif tarhadap aktivitas otak, otak menjadi lebih cerdas, peka dan lebih mudah untuk berkonsentrasi. Hal ini secara tidak langsung akan mendatangkan pengaruh positif terhadap diri kita dalam beraktivitas, baik di sekolah ataupun di tempat kerja.

Sarapan yang baik harus banyak mengandung karbohidrat, karena kandungan karbohidrat yang kita konsumsi pada pagi hari, akan merangsang glukosa dan mikro nutrien dalam otak. Karena karbohidrat merupakan salah satu nutrien yang menghasilkan energi yang berfungsi untuk memacu otak.


MySpace[wah ,, jadi sarapan pagi itu sangat penting yaa ternyataa .. tak pernah kusangka loh ,, hayoo yang gak pernah sarapan pagi ,,, mulai dari sekarang sarapan ,, wokeee ,,, pokoknya sekarang sarapan pagi itu wajib .. ya walaupun sarapan paginya cuma pake roti ma teh anget aja gpp kan .. ^o^ ]

3 komentar:

  1. pertamaxx aman, baru baca
    sarapan yah.... aku sering gak nafsu klo sarapan pagi, udah gitu kadang gak sempat jg sih, takut telat pergi skul :p

    BalasHapus
  2. wah ,,, kok gitu ... minum teh manis aja gpp kok ,, kalo bisa usahakan untuk sarapan yaa ,,, biar kuatt dan bisa mikir ntr diskulnya ,,, :รพ

    BalasHapus