Jumat, 10 April 2009

Berbicara Di Telepon


Saat berbicara di telepon kita tetap perlu memperhitungkan norma kesopanan yang ada. Berikut ada beberapa hal penting yang patut diperhatikan saat kita menelepon atau menerima telepon dari orang lain.
Berilah salam.

Jika Anda menelepon ke rumah atau kantor seseorang, berilah salam terlebih dahulu. Jangan langsung bertanya, "Andi ada?" atau "Bisa bicara dengan Andi?". Demikian juga ketika menerima telepon, berilah salam terlebih dahulu, misal "Selamat siang.., apa saya bisa bicara dengan Andi?".

Perkenalkan diri Anda.

Sebelum berbicara lebih lanjut, ada baiknya Anda menyebutkan terlebih dulu nama Anda. Bukanlah hal yang sopan jika Anda menanyai sang penerima telepon, "Ini siapa?". Apalagi, jika keperluan Anda berhubungan dengan bisnis formal, maka Anda juga perlu menyebutkan nama perusahaan tempat Anda bekerja. Jika Anda yang menerima telepon, maka tanyakan apa yang bisa Anda bantu untuk si penelepon. Perhatikan juga untuk sapaan terhadap lawan bicara Anda. Panggillah ibu atau bapak jika suara di ujung sana kedengaran lebih dewasa.

Berbicara dengan jelas dan ramah.

Jika Anda sudah memberi salam dan memperkenalkan diri, maka Anda bisa menjelaskan maksud Anda menelepon. Berbicaralah dengan ramah dan sopan, jangan terburu-buru supaya suara dan maksud Anda bisa didengar baik oleh si penerima dengan jelas. Jangan juga berbicara dengan nada pelan atau kasar.

Mengakhiri percakapan dengan baik.

Ucapkan terima kasih setiap kali Anda mengakhiri percakapan. Anda juga dapat menambahkan salam yang lain, misal selamat malam, sampai jumpa besok, dll.

Nah ... Begitu caranya walaupun kita berbicara ditelepon sekalipun kita harus tetap sopan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar